Sabtu, 15 Juli 2023

Pengabdian di SDN 2 Kayangan, Prodi PGSD UNRAM Gelar Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer.


Kayangan, -Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram menyelenggarakan program pengabdian masyarakat di Satuan Pendidikan SDN 2 Kayangan. Pengabdian di sekolah ini berlangsung di Kecamatan Kayangan dan diselenggarakan selama satu hari. Pengabdian dengan tema ”Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Komputer/IT Bagi Guru Sekolah Dasar di SDN 2 Kayangan” dibuka oleh Ketua Tim Pengabdian, Muhammad Tahir, S.Pd.M.Sn. pada Sabtu (15/7/2023).

Ketua Tim Pengabdian UNRAM, Muhammad Tahir, S.Pd.M.Sn. pada pengantarnya menyampaikan, bahwa pengabdian ini merupakan bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Terutama pengabdian yang kini dilaksanakan di SDN 2 Kayangan. ” Kegiatan pengabdian ini akan diselenggarakan selama sehari ini, semoga kegiatan singkat ini bisa diserap dengan baik”, katanya. Lebih jauh beliau memaparkan bahwa media pembelajaran adalah salah satu alat untuk menyampaikan isi pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik, peserta didik dan media. Pembelajaran tidak akan berjalan efektif jika tidak dilengkapi dengan media yang interaktif. Namun, saat ini media pembelajaran interaktif belum berkembang dengan optimal. Hal ini dikarenakan banyak pendidik kurang menguasai teknologi dalam pembuatan media interaktif. "Saya berharap pelatihan ini dapat ikuti dengan baik sehingga permasalahan yang saya sampaikan tadi dapat diatasi, " jelasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 2 Kayangan, Murdin, S.Pd. pada sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Ketua Tim Program Pengabdian yang telah mempercayakan pelaksanaan pengabdian masyarakat di SDN 2 Kayangan mengaku sangat senang menyambut kehadiran program pengabdian masyarakat, khususnya dari perguruan tinggi Universitas Mataram. ”Semoga dengan pendampingan pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran ini, Bapak dan Ibu guru disini terinspirasi dalam pembelajaran, terutama bagaimana memotivasi anak menjadi lebih baik”, katanya.

Lebih lanjut beliau. mengatakan pihaknya di SDN 2 Kayangan, memang terus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu sekolah. Ia pun optimis dengan pendampingan semacam ini diharapkan proses pembelajaran akan lebih berkualitas. ” Semoga dengan adanya kegiatan pelatihan semacam ini memberi dampak positif terhadap kemajuan sekolah kami, agar nanti bisa menjadi sekolah yang lebih baik lagi”, harapnya.

Pemateri Pelatihan Bapak Lalu Wira Zain Amrullah, M.Pd. menyampaikan materi media power point (PPT) interaktif. Kegiatan pelatihan berlansung cukup menarik. Para guru peserta pelatihan dapat dengan mudah mencernanya karena fitur-fitur pada media PPT dapat dioperasikan dengan mudah. Menurut Sumawardi, S.Pd. salah satu peserta guru kelas V (lima) merasa sangat puas dan tertantang untuk bisa membuat media Sederhana, seperti yang sajikan Pemateri. "Wah ternyata asyik juga, Media semacam ini sangat membantu sekali di dalam menyampaikan proses pembelajaran" katanya. "Terima kasih telah membimbing kami dengan penuh kesabararan, semoga apa yang kami terima ini dapat membantu memudahkan kami dalam menyampaikan materi pembelajaran", harapnya. *ehe

0 komentar:

Posting Komentar